SMOKE FREE

Senin, 01 Februari 2016

RACUN

Banyak orang bilang, sepeda itu racun.

Niat awalnya beli 1 sepeda, lama-lama koleksi sepeda bukan hanya parkir di garasi, tapi juga masuk hingga ruang tamu, ruang keluarga, bahkan mungkin kamar tidur.

Awalnya cuma ingin gowes keliling komplek, tak lama kemudian justru ingin keliling Indonesia pakai sepeda.

Ketika beli, "Saya sih sepedanya standar aja, yang penting kan sepedahannya bukan sepedanya"-lah yang kerap terdengar. Belum kelar inreyen, tahu-tahu budget buat upgrade sudah lebih dari harga sepedanya sendiri.

Istri saya tercinta dari awal saya kembali bersepeda sudah wanti-wanti, jangan sampai saya terlalu anteng sama sepeda. Bukan hanya soal waktu yang dihabiskan bersama sepeda, tapi juga tentu budget yang dihabiskan. Urusan dapur dan kebutuhan istri dan anak-anak tetap harus jadi prioritas.

Itu makanya saya berusaha keras menahan godaan racun yang kencang berhembus dari kanan-kiri-depan-belakang-atas-bawah :)

Racun No. 1: PEDALS

Tapi akhirnya iman saya pun jebol, tak sampai 1 bulan Si Keong saya pinang dari si empunya terdahulu. Racun pertama yang saya tebus, adalah sebuah pedal murah meriah di Acin Bike Corner seharga 75 ribu rupiah. Lumayan, paling tidak saya tak perlu khawatir pedal bakal rusak kalau tak sengaja terbentur trotoar.

Racun No. 2: TYRES

Gowes mondar-mandir kost-kantor, lama-lama kok makin terasa berat dengan ban knobby bawaan Si Keong. Alhasil, diboyonglah sepasang ban United Oshaka 26x1,50 murah dari bengkel sepeda dekat rumah seharga 200 ribu rupiah. Dan betul saja, perbedaannya langsung terasa. Average Speed pun meningkat hingga 5 km/jam. Itu efek positifnya. Efek sampingnya, mau tak mau kini saya harus makin cerdik memilih permukaan jalan yang akan dilalui Si Keong. Kerikil, jalan berlubang, atau jalan dengan permukaan tanah pun pasir, sebisa mungkin harus dihindari.

Racun No. 3: COCKPIT

2 Bulan gowes, racun berikutnya mulai menjalar. Kali ini sektor cockpit yang terkena sentuhan. Handlebars alias stang bawaan pabrik yang model Low-Rise dengan stem agak panjang, membuat posisi badan agak membungkuk.

"Kokpit ala XC kayaknya enak nih...". Itu yang terlintas di benak saya.

Digoweslah Si Keong ke arah Bekasi, tepatnya ke Usaha Baru Cycle, di Jalan Asyafiyah.

Usaha Baru Cycle, dengan parkiran luasnya

Pilihan pun jatuh pada United XC Hi-Rise Handlebars 700mm seharga 125 ribu rupiah. Berhubung stem lama tak bisa mengakomodir, "terpaksa" ditebus juga stem Zoom model short dengan harga sama. Total 250 ribu rupiah saya rogoh demi cockpit yang lebih nyaman.

Review singkat,

plus:
  • posisi badan ketika gowes pun menjadi lebih tegak, punggung dan tangan tidak pegal menahan beban
  • posisi riding di jalanan menurun lebih maksimal. Beban tubuh secara natural lebih condong ke belakang dibanding setting-an terdahulu

minus:
  • aerodinamis tentu dikorbankan. Badan jadi lebih menabrak angin, mengurangi kecepatan laju sepeda
  • untuk medan tanjakan, butuh effort lebih dengan memindah posisi tangan ke bar ends 
  • untuk keperluan commuter harus lebih berhati-hati. Lebar stang yang 700 mm membuat saya harus menyesuaikan diri lagi untuk jika ingin nyelap-nyelip di tengah kemacetan



Pembedahan kokpit Si Keong


Si Keong with United XC Hi-Rise Handlebars
Stem Zoom


Racun No. 4: GROUPSET

Dan mengawali tahun 2016, inilah racun terbaru yang menempel di Si Keong:
  • Sproket Shimano MF-TZ31 MegaRange 14-34T. Saya lupa harga persisnya, tapi di Bukalapak dibanderol sekitar 90 ribu rupiah
  • Rear Derailleur Shimano Acera 7 Speed seharga 225 ribu rupiah
  • dan tentunya biar lebih afdol saya pun "terpaksa" meminang rantai baru 7 speed seharga 45 ribu rupiah
Bukan tanpa alasan saya terpapar racun groupset ini. Pengalaman ketika gowes Jakarta - Bandung tempo hari, tanjakan di rute Purwakarta hingga Padalarang terasa begitu menyiksa. Butuh senjata andalan lain, untuk mengimbangi dengkul saya yang memang cuma segitu-gitunya. :P

Senjata andalan untuk melahap tanjakan
Sproket MegaRange yang memang didesain untuk keperluan gowes di tanjakan jadi harapan saya untuk mengurangi ttb alias tuntun bike :). Sementara RD baru dengan spesifikasi yang lebih mumpuni juga dibutuhkan untuk membuat perpindahan gigi berlangsung lebih smooth. Dan rantai baru, adalah pelengkapnya.

Memasuki bulan ke-4, inilah penampilan terakhir Si Keong

Sekarang mari berhitung, sudah berapa racun yang menjalar di tubuh Si Keong, di usianya yang memasuki 4 bulan bersama saya.

Pedals                            Rp.   75.000
Tyres                              Rp. 200.000
Handlebars and Stem        Rp.  250.000
Sproket MegaRange          Rp.    90.000
RD Acera 7 Speed            Rp.  225.000
Rantai 7 Speed                Rp.    45.000
                                         _____________
Total                                  Rp.  885.000

Masih ingat tulisan saya di sini ? Kala itu, total biaya yang saya keluarkan untuk keperluan gowes (termasuk harga sepeda) adalah Rp. 1.605.000. Tentunya tidak termasuk biaya service atau perawatan rutin, sepertian pergantian brake levers, brake cabels, setting RD dan FD, dan lain sebagainya.

Sooooo.........hingga tulisan ini saya buat, berarti saya telah merogoh kocek  Rp. 2.490.000 untuk menunjang saya bersepeda. Hmmmm.......walau sudah lebih dari 2 kali lipat harga sepedanya, sepertinya sih masih masuk akal.

Kira-kira racun apalagi ya yang bakal "menghantui" Si Keong ?





Bayu Adhiwarsono©

2 komentar:

  1. salam kenal gan..

    Gimana nie si keong nya, masih dipelihara?
    kebetulan saya juga punya (warisan dari kakak) sepeda yang sama wimcycle rc dx...
    saat nyoba gowes digenjotnya terasa berat...

    minta saran ya...
    untuk upgrade yang paling diperlukan pada bagian mana ya?

    Sekarang sepeda dipake funbike aja cuma setelah baca blog agan ini jadi kepikiran ingin nyoba juga sepedahan jarak jauh....

    tks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru terbaca 2 tahun kemudian... Hahahaha.... Maafkan.

      Si Keong masih saya gowes rutin. Utamanya tentu jadi senjata B2W.

      Kalau berat, pengalaman saya sih yang urgent diganti adalah:
      1. Ban. Makin tipis, makin ringan
      2. BB, Bottom bracket. Makin mahal, biasanya makin loncer, makin ringan digowes.
      3. Yang tak kalah pentong adalah bike fitting. Pilihan handlebar, pilihan stem, setting ketinggian sadel.

      Hapus