Jumat, 10 Desember 2010

MELAWAN !!!

Iwan Fals (tak perlu dijelaskan siapa dia kan ?) pernah berkata dalam sebuah lagunya,  

"Cepatlah besar matahariku, menangis yang keras jangan lah ragu. 
Tonjok lah congkaknya dunia, buah hatiku. Doa kami di nadimu !"

Dari sekian panjang lirik di lagu berjudul Galang Rambu Anarki (nama ini pun tak perlu dijelaskan siapa kan ?), tiga kalimat di atas setidaknya bisa menjadi nafas lagu itu secara keseluruhan.

Sama sekali tidak ada yang salah dalam rentetan kalimat itu, jadi bukan karena itu tulisan ini tertumpah juga. Justru kepadatan maksud yang tersirat maupun tersurat dari bait demi bait di lagu itu, yang membuat saya "terperanjat". Terperanjat, karena ternyata harapan kita sebagai orang tua yang begitu melimpah ruah pada anak-anak kita, bisa diutarakan dengan sedemikian singkatnya. Terwakilkan dengan sempurna, nyaris tanpa cela.

Dunia memang congkak.

Kemunafikan, penindasan, keangkuhan, materialistis, jadi warna dunia yang makin lama makin membusuk. Dan masa ketika anak kita mulai beranjak menemui dunia nyata, tak ayal adalah masa ketika dunia ini makin membusuk, jauh lebih busuk dari dunia yang kita jalani sekarang ini.

Tergerus, terjerumus, hanyut, dan lalu terpuruk oleh pergerakan jaman, jelas bukan jadi pilihan yang ingin kita sodorkan pada anak-anak kita. Dan berdiam diri, tentunya bukan sikap yang bisa pula jadi pilihan.

Melawan !!!

Melawan lah dengan segala yang kau punya !

Dunia dan segenap isinya boleh makin membusuk, tapi tidak dengan anak-anak kita.




*Inspired by: Galang Rambu Anarki, a song by Iwan Fals

Bayu Adhiwarsono©

Tidak ada komentar:

Posting Komentar